penanggulangan airomonas di manado

Danau Tondano.

 

Adanya penemuan penyakit ermonas atau bintik-bintik merah yang terdapat pada ikan-ikan air tawar di SULUT, membuat masyarakat khwatir. Kepala Balai Pengendalian Hama Penyakit Ikan dan Kesehatan Lingkungan (BPHPI) Provinsi SULUT, Silfana Manumpil kepada SUARA MANADO, akhir pekan lalu di ruang kerjanya mengatakan bahwa dalam melakukan antisipasi dengan penyakit pada ikan di SULUT, pihaknya akan melakukan pembinaan kepada nelayan-nelayan ikan, agar bisa mengantisipasi penyakit tersebut.

"Kami telah membuat suatu program untuk antisipasi penyakit ikan, dan itu kami sudah lakukan di Kabupaten Minahasa, yakni di Tou Liang Oki Kecamatan Eris, untuk melakukan pembinaan kepada seluruh nelayan-nelayan ikan di tempat tersebut", ujarnya.

Ditambahkan Manumpil, usaha mencegah lebih baik daripada menanggulangi jika sudah didapati yang terkena penyakit ikan itu kepada manusia baru menanggulanginya.

"Kami harapkan dengan adanya program untuk pembinaan kepada seluruh Masyakat Sulutdalam cara melakukan antisipasi penyakit ikan tersebut, kami harap dapat bergunauntuk masyarakat. Namun kami sesali dalam menghadapi permasalahan ini, anggaran yangyang diberikan pada kami cukup kecil. Untuk itu kami minta perhatian kepada Komisi II dan IV dapat memperjuangkan penambahan anggaran bagi Balai ini", pungkasnya.

sumber. suara manado

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>