benih ikan gurami

jual bibit gurami
assalamualikum wr.wb..Dengan mengharap Ridho Allah subhanahu wata’ala kami kelompok tani “Abata fish” akan berusaha agar dapat mengelola usaha dengan baik, berusaha mengoptimalkan iikhtiar,berusaha bermuamalah dengan benar agar tidak melanggar syariat Islam dalam masalah muamalah perdagangan.

bididaya ikan gurami, mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. disamping rasanya yang lezat dan empuk.Disamping rasanya yang enak, perawatann dalam budidaya ikan gurami pun tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya, sehingga banyak petani ikan gurami yang mulai menggemari, membudidayakan ikan ini, karena harga dari setiap bibit-bibit gurami yang murah dapat menghasilkan keuntungan 3 kali lipat dari harga bibit-bibit gurami tersebut. Harga dari ikan gurami di pasaran sangat bervariasi tergantung dari bobot ikan yang di jual. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

berusaha amanah untuk menggapai berkah itulah salah satu moto kelompok kami terutama untuk penjualan luar pulau yang memang diantara kita belum bisa tatap muka secara lansung sehingga dari kami harus berusaha untuk menjaga amanah dan berusaha menjual sesuai dengan apa yang telah disepakati agar jual beli dalam media online ini tetap sah menurut syariat islam.
kami forum kelompok tani "Abata fish" menjual bibit gurami dari semua ukuran mulai dari telur gurami sampai gurami ukuran jempol,bibit gurami yang kami jual adalah bibit gurami yang sudah melalui seleksi terlebih dahulu hingga terpilih bibit gurami yang benar-benar berkwalitas dan sehat,harapannya agar bibit gurami yang kami kirim aman 100% sampai tujuan.selain bibit gurami yang berkwalitas kami juga memberi garansi dalam pengiriman dan juga tambahan bibit gurami sebanyak 2% dari jumlah pembelian bibit gurami.selain melayani dalam kota yogyakarta kami juga melayani pengiriman bibit gurami ke seluruh indonesia sampai bandara terdekat dikota anda antaranya pengiriman bibit gurami di banda aceh,pengiriman bibit gurami di medan,batam,pekanbaru,tanjungpandan,pangkalpinang,riau,dumai,tarakan,samarinda,palangkaraya,Buntok,Tamiang,Muara Teweh,Kuala Kurun,Kuala Kapuas,Kasongan,Pangkalan Bun,Sampit,Nanga,Bulik,Purukcahu,Pulang,Pisau,Sukamara,Kuala,Pembuang,banjarmasin,Paringin,Martapura,Marabahan,Kandangan,Barabai,Amuntai,Kotabaru,luwuk,Tanjung,Batulicin,Pelaihari,Rantau,Banjarbaru,ternate,jambi,lampung,metro,singkawang,bima,padang,denpasar,bali,kupang,mataram,ntt,ntb,dan juga pengiriman bibit gurami tujuan balikpapan,Tanjung redep,berau,Tanjungselor,Sendawar,Tenggarong,Sangatta,Malinau,Nunukan,Tanah Grogot,Penajam,Tideng Pale,pontianak,Bengkayang,Putussibau,Sukadana,Sungai Raya,Ngabang,Nanga Pinoh,Mempawah,Sambas,Sanggau,Sekadau,banjarmasin,makassar,sorong,jayapura,gorontalo,Marisa/Tilamuta,Suwawa,Kwandang,Marisa,timika,pengiriman bibit gurami tujuan surabaya,bibit gurami tujuan jakarta,bibit gurami bogor,bontang,sintang,ketapang,ambon,Bitung,Kotamobagu,Manado,Tomohon,tarakan,Palopo,Parepare,kendari,baubau,benkulu,sungaipenuh,palembang,Bukittinggi,Padangpanjang,Pariaman,Payakumbuh,Sawahlunto,Solok,Lubuklinggau,Pagar Alam,Palembang,Prabumulih,palu,tual dan kota-kota lainya diseluruh indonesia.

berikut foto-foto telor gurami dan bibit gurami beserta ukurannya

telur gurami,ukuran bibit gurami 2-3,ukuran bibit gurami 3-4,ukuran bibit gurami 3-5,ukuran bibit gurami 4,6 ,bibit gurami ukuran 5-7 ,bibit gurami ukuran gas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

cara budidaya ikan gurami

Gurami merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merahsawo dan bagian perut berwarnakekuningkuningan/ keperak-perakan. Ikan gurami merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar jenis lain.

Jenis gurami yang sudah dikenal masyarakat diantaranya: gurami angsa, gurami jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Empat terakhir banyak dikembangkan di Jawa tenagah purwokerto dan jogja dan di jawaBarat, di Bogor. Dibanding gurame jenis lain, porselen lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir. Karena itu masyarakat menyebutnya sebagai top of the pop, dan paling banyak diunggulkan.

Persiapan kolam ikan gurami

pembesaran ikan gurameidapat dilakukan di kolam tanah maupun kolam permanen, Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup.seperti plangton dll

persiapan di kolam permanen

bersihkan kolam dari lumut dan kotoran sampai benar-benar bersih lalu di cat pakai air kapur terus dikeringkan.satu hari kemudian isi air dengan kedalaman 30-40 cm.dan diberi prebiotik penumbuh plangton. Hal dikarenakan makanan ikan gurame sebagian besar diperoleh dari makanan tambahan atau buatan

Persiapan kolam tanah

Seperti halnya kolam permanen, kolam tanah dikeringkan terlebih dahulu Setelah dasar kolam benar-benar kering dasar kolam perlu dikapur dengan kapur dengan dosis 20kg per 100 meter persegi. Hal ini untuk meningkatkan pH tanah, juga dapat untuk membunuh hama maupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan. Setelah kering dan berisi air air setinggi 2-3 cm dan dibiarkan selama 2-3 hari, sambil diberi obat prebiotik penumbuh plagton atau bias memakai pupuk kandang yang sudah matang. Agar tidak menjadi racun Bagi ikan gurame. kemudian air kolam ditambah sedikit demi sedikit sampai kedalaman awal 40-60 cm dan terus diatur sampai ketinggian 80-120 cm tergantung kepadatan ikan..setelah air berubah warna menjadi hijau terang baru benih ikan gurami di tebar.

Cara menebar ikan gurame

Penebaran benih Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan tidak dalam kondisi stres saat berada dalam kolam.
Cara adaptasi : ikan yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam ember besar yang berisi air dari kolam penebaran yang telah diberi obat tetrasiclin, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan di biarkan dalam ember sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.

Pemberian Pakan ikan gurami

Makanan pokok ikan gurame berupa pelet yang dapat diatur gizinya, namun di daerah yang agak sulit memperoleh pelet, daun-daunan merupakan alternatif yang sangat baik untuk dijadikan makanan ikan, diantaranya: daun pepaya, keladi, ketela pohon, genjer, kimpul, kangkung, ubi jalar, ketimun, labu dan dadap.
Pemberian makanan yang teratur dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh ikan lebih cepat.

Hama dan penyakit

Hama

Bagi benih gurame musuh yang paling utama adalah gangguan dari ikan liar/pemangsa dan beberapa jenis ikan peliharaan seperti tawes, gurame dan sepat. Musuh lainnya adalah biawak, katak, ular dan bermacam-macam burung pemangsa.

Penyakit

Gangguan yang dapat menyebabkan matinya ikan adalah penyakit yang disebut penyakit non parasiter dan penyakit yang disebabkan parasit. Gangguan-gangguan non parasiter bisa berupa pencemaran air seperti adanya gas-gas beracun berupa asam belerang atau amoniak; kerusakan akibat penangkapan atau kelainan tubuh karena keturunan. Penanggulangannya adalah dengan mendeteksi keadaan kolam dan perilaku ikan-ikan tersebut.
Memang diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk mengetahuinya. ikan-ikan yang sakit biasanya menjadi kurus dan lamban gerakannya.
Gangguan lain yang berupa penyakit parasiter, yang diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur dan berbagai mikroorganisme lainnya. Bila ikan terkena penyakit yang disebabkan parasit, dapat dikenali sebagai berikut

1. Penyakit pada kulit; pada bagian-bagian tertentu berwarna merah terutama di bagian dada, perut dan pangkal sirip
2. Penyakit pada insang; tutup insang mengembang. Lembaran insang menjadi pucat, kadang-kadang tampak semburat merah dan kelabu
3. Penyakit pada organ dalam; perut ikan membengkak, sisik berdiri.
Pencegahan timbulnya penyakit ini dapat dilakukan dengan mengangkat ikan dan melakukan penjemuran kolam beberapa hari agar parasit pada segala stadium mati. Parasit yang menempel pada tubuh ikan dapat disiangi dengan pinset.
Pengobatan bagi ikan-ikan yang sudah cukup memprihatikan keadaannya, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan kimia diantaranya:
1. Pengobatan dengan Kalium Permanganat (PK)
*Sediakan air sumur atau sumber air lainnya yang bersih dalam bak penampungan sesuai dengan berat ikan yang akan diobati.
* Buat larutan PK sebanyak 2 gram/10 liter atau 1,5 sdt/100 l air.
* Rendam ikan yang akan diobati dalam larutan tersebut selama 30-60 menit dengan diawasi terus menerus.
* Bila belum sembuh betul, pengobatan ulang dapat dilakukan 3 atau 4 hari kemudian.

2. Pengobatan dengan Neguvon. Ikan direndam pada larutan neguvon dengan 2-3,5% selama 3 mernit. Untuk pembe-rantasan parasit di kolam, bahan tersebut dilarutkan dalam air hingga konsentrasi 0,1% Neguvon lalu disiramkan ke dalam kolam yang telah dikeringkan. Biarkan selama 2 hari.

3. Pengobatan dengan garam dapur. Hal ini dilakukan di pedesaan yang sulit mendapatkan bahan-bahan kimia. Caranya: (1) siapkan wadah yang diisi air bersih. setiap 100 cc air bersih dicampurkan 1-2 gram (NaCl), diaduk sampai rata; (2) ikan yang sakit direndam dalam larutan tersebut. Tetapi karena obat ini berbahaya, lamanya perendaman cukup 5-10 menit saja. (3) Setelah itu segera ikan dipindahkan ke wadah yang berisi air bersih untuk selanjutnya dipindahkan kembali ke dalam kolam; (4) pengobatan ulang dapat dilakukan 3-4 hari kemudian dengan cara yang sama.

semoga dengan adanya foto-foto bibit gurami diatas dapat menjadikan jual-beli ini suka sama suka dan tetap sah menurut syariat islam.
semoga bermanfaat.info fery sumanto 08328030055

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>