berbagai wadah untuk menetaskan telur gurami

banyak media/wadah untuk menetaskan telur ikan gurame,media media tersebut selain bersih juga harus tidak ada bakteri/virus,hal yang mudah adalah dengan cara wadah untuk menetaskan telur gurame bisa di keringkan atau di jemur terlebih dahulu.

lain tempat tentu lain pula cara untuk menetaskan telur gurame,namun tentu cara yang berbeda,lain pula hasilnya.

penetasan telur gurami ini tentu di sesuaikan dengan suhu/cuaca di tempat masing-masing.

penetasan di tempatkan didalam ruangan sehingga penetasan telur gurame ini dalam ruangan yang stabil.

sebagian orang menganggap penetasan telur gurame ini memerlukan oksigen tambahan atau gelembung udara,namun ternyata penetasan telur gurami yang lebih efektif tidaklah demikian,jikalau memakai gelembung udara atau tambahan oksigen tentu jangan sampai membuat air bergerak kencang karena gerakan air ini bisa jadi akan membuat telur gurame tidak menetas.

penetasan telur gurame ini terhitung mudah yaitu dengan cara mempersiapkan air  2 hari sebelum telur ditetaskan artinya air untuk penetasan telur gurame harus di endapkan dahulu.

setelah telur gurame ditebar tinggal menunggu telur gurami menetas selama 24x2jam,tentunya benih gurame sebelum ditebar dilakukan pemilihan telur gurame.

 

berikut beberapa media ,wadah,atau tempat untuk menetaskan benih gurame:

 

  • ember besar berdiameter 1 meter

ember yang dibanyak tempat dimanfaatkan untuk mencuci ini ternyata juga sangat efektif untuk menetaskan telur gurame,ember ini berkapasitas menetaskan telur gurame sekitar 3000 sampai 5000 ekor.

 

  • akuarium yang berukuran 1m x 60cm

akuarium ini dapat menetaskan telur gurame sekitar 5000 butir

 

  • bok sterefoam untuk pengiriman

bok sterefoam ini juga bisa di manfaatkan untuk menetaskan telur gurami,menetaskan telur gurame dengan bok seterefoam ini lebih efektif karena suhu dalam bok akan selalu stabil.

 

PENETASAN teler gurame  ini sebenarnya termasuk mudah untuk dipelajari. Jika sudah bisa membedakan mana telur yang bagus dan jelek ,maka memilih usaha penetasan/pem benih an ikan gurame merupakan pilihan yang tepat. Banyaknya pelatihan-pelatihan, buku-buku dan dan para ahli membuat kita bisa cepat belajar. Namun, bukan berarti tidak ada kelemahan pada cara budidaya penetasan telur gurame  ini, tetap ada kendala dan kesulitan yang akan kita hadapi. Karena kondisi lingkungan yang berbeda belum tentu keberhasilan yang kita dapat akan sama. Contohnya ketersediaan air alami dan suhu di tiap daerah ber beda beda. Oleh karena itu kita sesuaikan dengan kemampuan kita dan jika bisa kita mungkin akan menemukan cara yang berbeda sehingga kelemahan dan kendala yang kita hadapi dapat kita minimalisir. Banyak – banyaklah belajar dan bertanya pada pakar maupun peternak ikan gurame yang sudah berpengalaman sebelumnya. Tidak ada salahnya kita mengikuti seminar yang biasanya diadakan di masyarakat setempat. Karena bisnis benih lgurame ini tidak akan ada habisnya, masih banyak peternak yang kesulitan memenuhi permintaan pasar ikan  benih gurami yang membludak .

 

Semoga bermanfaat

#fery sumanto

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>