cara memijahkan ikan mas koki di aquarium

Ikan maskoki dalam akuarium bisa dipijahkan dengan memakai akuarium sebagai tempat pemijahan berikut ini postingan dari admin tentang tata cara memijahkan ikan maskoki dalam akuarium. Buat melakukan hal ini, akuarium yang dipakai sebaiknya berukuran 90 x 45 x 45 atau 80 x 40 x 40 cm. Hal tersebut disebabkan akuarium berukuran seperti itu bisa dipakai buat memijahkan lebih dari 1 pasang ikan maskoki, sehingga proses pemijahan bisa berjalan secara optimal.
 
A. PEMILIHAN INDUKAN.
Induk yang akan dipijahkan wajib memenuhi kriteria dibawah ini :
 
* Induk Jantan
– Mempunyai bintik putih disirip dadanya.
– Berusia 6 – 7 bulan.
– Berbadan sehat.
– Pergerakannya normal ( lincah ).
 
*Induk Betina
-Sirip dadanya halus.
-Montok.
-Berusia 7 bulan.
=Bebadan sehat.
=Matang gonad.
 
Buat memperbesar kemungkinan keberhasilan dari proses pemijahan ini, perbandingan jumlah antara induk jantan dengan induk betina yang dipijahkan adalah 2 : 1. Selain itu, kedua indukan juga harus berasal dari strain yang sama. Dalam 1 bulan, indukan dapat dipijahkan sebanyak 1 kali.
 
B. PEMIJAHAN.
Langkah – langkah yang harus dilakukan sebelum memulai proses pemijahan adalah :
Menyucihamakan akuarium dengan menggunakan PK.
Akuarium diisi air setinggi 20 cm.
Penataan enceng gondok yang akan digunakan sebagi sarana untuk melekakan telur.
Suhu air harus diusahakan berada dikisaran 27 – 300 C.
pH air harus selalu diusahakan netral.
Pemijahan ikan maskoki akan terjadi pada malam hari ditandai dengan keluarnya sel telur yang akan langsung dibuahi oleh sel sperma.
 
Sesudah proses pembuahan terjadi, induk ikan maskoki harus segera dipindahkan agar telur – telur tersebut tidak dimangsa oleh mereka. Telur dapat ditetaskan didalam akuarium yang sudah dilengkapi dengan aerator sebagai pemasok oksigen.
 
Telur akan menetas 2 hari kemudian, dimana pemberian pakan terhadap mereka baru dilaksanakan sesudah larva berusia 1 minggu. Pada usia ini, pakan yang bisa Anda berikan ialah kutu air. Sesudah menginjak usia 2 minggu, Anda bisa menganti pakan dengan cacing sutera.
 
 
(Diambil dari berbagai sumber)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>