cara memilih benih bawal yang berkwalitas

Ikan bawal ada dua jenis ada yang hidup dilaut dan ada juga bawal yang hidup di air tawar. IKan bawal sangat produktif sebagai produk bisnis karena pembudidayaan ikan bawal mudah dan ikan ini juga bisa berkembang dengan cepat. Ikan bawal termasuk ikan pemakan semuanya atau omnivora, dan makanan yang paling disukai adalah dedaunan.

 

Budidaya ikan bawal dilakukan dalam kolam permanen atau dalam kolam tanah. ikan bawal sangat menguntungkan, karena sangat banyak orang yang suka dengan ikan bawal, sehinga anda tidak usah takut untuk tidak laku atau susah dalam memasarkannya.

PEMILIHAN BENIH IKAN BAWAL air tawar  YANG BERKWALITAS

Selain lingkungan yang baik serta pakan yang berkualitas. Hal yang sangat penting adalah pemilihan benih ikan bawal atau bibit bibit bawal. Pemilihan benih atau bibit unggul dengan haruslah dengan teliti karena hal ini adalah penting, sebab hanya dengan benih ikan bawal yang benar-benar baik maka ikan akan hidup dan tumbuh dengan cepat,sehat dan baik.

Paling aman dan mudah untuk memilih benih bawal yang berkwalitas adalah kepedagang yang memang sudah terpercaya akan kwalitas benih ikan bawal, serta pedagang  benih ikan bawal yang terdekat dari tempat benih bawal akan di tebar kolam,lamanya jarak tempuh benih ikan bawal dalam pengemasan sangat berpengaruh terjadinya luka pada benih ikan bawal, untuk itu pengalaman sangat di butuhkan dalam pengemasan benih ikan bawal agar dalam pengiriman benih ikan bawal tetap terjaga kwalitasnya.

Adapun cara untuk memilih benih ikan bawal yang unggul berikut adalah ciri-ciri benih ikan bawal yang baik antara lain;

  • Ukuran benih bawal yang seragam
  • Jenis benih ikan bawal Unggul
  • benih ikan bawal Sehat,benih bawal akan berkumpul
  • Anggota tubuh lengkap dan tidak cacat (biasanya ekor ikan bawal yang grepes)
  • Aktif bergerak (benih bawal tidak mengambang)
  • Tidak membawa penyakit  (hal ini di buktikan dengan uji virus dari dinas karantina)

Sebelum benih ikan bawal ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan bawal tidak dalam kondisi stress saat berada dalam kolam.

Cara adaptasinya adalah; ikan bawal yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukkan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih bawal sampai benih ikan bawal atau bibit ikan bawal terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ikan bawal atau bibit ikan bawal ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.

Semoga bermanfaat

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>