cara mudah merawat benih ikan koi

 

Memelihara ikan koi sesungguhnya tidak memerlukan biaya yang besar, harga ikan koi pun bervariasi mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, tergantung keindahan dari warna ikan tersebut. Hanya saja untuk memelihara ikan koi tersebut diperlukan kolam yang cukup, untuk bisa ikan koi tersebut bergerak dan berkembang dengan leluasa. Keindahan ikan koi ini pun, yang menyebabkan banyak kolektor ikan koi yang tidak segan-segan mengeluarkan anggaran hingga jutaan rupiah untuk membuat kolam yang indah dan enak untuk dilihat serta mempunyai sirkulasi air dan udara yang baik.

1.Kolam

 

Persiapan Kolam di lakukan sesuai dengan selera masing-masing pemelihara karena kolam merupakan tempat / habitat ikan yang akan di pelihara. dan kita buat senyaman mungkin untuk ikan tersebut.

 

2. Bibit Ikan

 

Benih dapat di tebarkan dengan ukuran 5-7 inci. budidaya dalam kolam ini umumnya ukuran yang di pakai untuk budidaya ikan koi di anjurkan tidak terlalu luas karena ikan ini dominan dengan volume air yang nantinya akan mempengaruhi keindahan warna ikan tersebut cukup kita gunakan kolam ikan dengan ukura 2 M x 3 M.dengan  kepadatan tebar benih adalah 10 ekor / 1 M2

 

3. Pakan

 

Ada berbagai macam makanan koi, termasuk pelet, serta makanan hidup seperti udang sungai dan cacing . Beberapa makanan yang dirancang untuk musim panas , sementara yang lain untuk musim dingin , ketika metabolisme Koi melambat dan mereka mencerna protein kurang .

 

Cobalah untuk memberikan Koi Anda makanan yang bervariasi dari berbagai jenis makanan , dan ingat bahwa makanan yang lebih mahal adalah kualitas umumnya lebih baik dan memberikan ikan warna-warna cerah . Jumlah yang benar untuk memberi makan mereka setiap hari kira-kira sebanyak yang mereka bisa makan dalam lima menit . Jika ada makanan yang tersisa setelah lima menit , memberi mereka sedikit waktu berikutnya .

 

4. Kualitas air

 

Banyak aturan untuk menjaga kualitas air di kolam Koi adalah sama seperti untuk tangki ikan dalam ruangan . Uji tingkat kimia di kolam secara teratur , Anda juga dapat melakukan ini sendiri dengan kit pengujian , yang akan berisi petunjuk lengkap , atau mengambil sampel air ke toko akuarium lokal Anda untuk pengujian . Ketika menambahkan air ke kolam Anda , misalnya jika air telah menguap , selalu menambahkan dechlorinator ke air .

 

Juga menambahkan bakteri hidup , yang bisa dibeli di botol, untuk membantu menjaga ekosistem kolam. Ini bukan biasanya ide yang baik untuk menggantikan lebih dari 30 % dari air kolam itu pada satu waktu

 

5. Filtrasi

 

Kolam Anda harus memiliki sistem filtrasi untuk membersihkan air . Ini terdiri dari lapisan busa dan flocore di mana air akan dipompa . Busa perlu dibersihkan secara teratur , tetapi penting bahwa Anda tidak pernah mencucinya dalam air keran , karena hal ini membunuh bakteri yang penting bagi kesehatan ikan .

 

Sebaliknya , meraup sebagian air kolam Anda dalam ember , bilas busa dalam air itu, dan kemudian buang airnya . Setelah Anda membersihkan filter , tambahkan beberapa bakteri yang lebih hidup untuk kolam Anda

demikian salahsatu cara merawat benih koi dari sekian banyak cara cara merawat ikan koi.

semoga bermanfaat

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>