cegah benih gurami jamuran dengan sanitasi kolam

Meskipun termasuk ikan yang tidak terlalu membutuhkan air yang jernih, bukan berarti ikan gurami tahan terhadap serangan hama pengganggu ataupun yang lainnya. Pembudidaya ikan gurami tak jarang mengalami kendala dalam memelihara gurami dengan adanya serangan jamur putih yang bisa mengakibatkan kematian ikan.

 jamur putih merupakan musuh utama ikan gurami utamanya ketika usia ikan masih muda.Jika dalam pemeliharaan menemukan benih ikan gurami yang sisiknya terdapat bintik atau semacam kapur, sebaiknya ikan tersebut segera dipisahkan dari lainnya. Kalau tidak, kemungkinan dalam waktu singkat ikan lainnya akan mengalami hal serupa.awalnya ikan tampak biasa, tapi lama-kelamaan ikan tersebut akan lemas, mengapung kemudian mati secara perlahan. dalam memeliharan ikan gurami, yang paling penting adalah menjaga kebersihan air dengan melakukan penggantian air kolam secara berkala misalnya seminggu atau dua minggu sekali tergantung kebutuhan.dengan melakukan pembersihan kolam secara rutin akan menjaga munculnya penyakit atau jamur.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>