mendederkan benih ikan mas

 

pembesaran ikan mas dapat dilakukan di kolam tanah maupun kolam permanen, Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup.seperti plangton dll

  • Pertama-tama yang harus dilakukan adalah berdoa, memohon kepada Allah SWT  memohon agar ightiar kita diberikan kelancaran dan berjalan sesuai harapan. Aamiin….

 

  • Pemilihan benih ikan mas  yang baik dan sehat mutlak penting, karena hanya dengan benih yang baik ikan lele akan hidup dan tumbuh dengan baik.

MENDEDERKAN BENIH IKAN MAS

 Mengolah kolam tanah

Pengolahan dasar wadah (kolam) pendederan dilakukan sebelum pendederan benih ikan mas dilakukan . Pengolahan dasar  kolam pendederan sangat penting dilakukan karena dasar kolam yang diolah akan meningkatkan kesuburan kolam sehingga akan mampu meningkatkan produktifitas kolam tersebut. Jika kolam dipergunakan terus menerus tanpa kemudian diolah maka kolam akan menjadi asam.

Bagai mana mengolah dasar kolam yang baik?

kolam tanah  dikeringkan terlebih dahulu Setelah dasar kolam benar-benar kering. Dasar kolam dicangkul merata tidak perlu terlalu dalam, kira-kira kedalaman 15 cm. Hal ini dimaksudkan nantinya agar tidak membentuk lumpur yang terlalu dalam.Hindari adanya telapak kaki, karena apabila ada telapak kaki akan mempersulit penangkapan benih ikan pada saat panen nantinya. Dengan adanya pengolahan dasar kolam struktur tanah diperbaiki, dengan terbaliknya tanah tanah akan menjadi lebih gembur dan pori-pori tanah terbentuk sehingga udara akan mengisi pori-pori tersebut. Yang lebih penting lagi lapisan kedap air terbentuk sehingga rembesan air tidak terjadi. Lakukan pengolahan dengan membentuk dasar kolam agak mering ke tengah ke arah kemalir. dasar kolam perlu dikapur dengan kapur dengan dosis 20kg per 100 meter persegi. Hal ini untuk meningkatkan pH tanah, juga dapat untuk membunuh hamamaupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan.  Setelah kering dan berisi air air setinggi 2-3 cm dan dibiarkan selama 2-3 hari, sambil diberi obat prebiotik penumbuh plagton atau bias memakai pupuk kandang  yang sudah matang. Agar tidak menjadi racun Bagi ikan bawal. kemudian air kolam ditambah sedikit demi sedikit sampai kedalaman awal 40-60 cm dan terus diatur sampai ketinggian 80-120 cm tergantung kepadatan ikan..setelah air berubah warna menjadi hijau terang baru benih ikan mas di tebar

 

  Melepas Benih ikan mas

Benih ikan ikan mas yang masih berupa post larva/lepas hapa hasil tangkapan dari bak penetasan dilepaskan dengan menggunakan metoda aklimatisasi pada sore atau pagi hari. Pada saat itu suhu air relatif masih stabil. Metoda aklimatisasi yaitu suatu metoda melepaskan larva/benih/ikan setelah ikan menyesuaikan diri pada lingkungan barunya, yaitu dengan cara meletakkan ikan bersama wadah ke dalam lingkungan yang baru.benih ikan mas secara pelan akan teraliri air hingga ikan akan beradaptasi secara perlahan. Setelah ikan merasa telah beradaptasi maka ikan  mas akan mulai lepas dengan sendirinya dan lari ke dalam lingkungan yang baru.

Atau jika benih ikan mas dalam keadaan kantong plastik/semisal membeli dari petani atau pengepul Wadah yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih ikan massampai benih terlihat dalam kondisi baik.  Selanjutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.

Padat penebaran 400 – 500 ekor/m2 post larva, dengan luasan kolam pendederan 500 – 1000 m2.

 

Memberi Pakan Tambahan

Di dalam kolam pendederan tersebut telah ditumbuhi pakan alami sebagai pakan benih ikan. Dimungkinkan larva pada suatu periode waktu pakan alami melimpah sehingga tidak dibutuhkan pakan tambahan. Tetapi pada periode dimana organisme atau pakan alami  telah berkurang maka pakan tambahan dibutuhkan. Pakan tambahan berupa hi-provit tepung dengan berprotein tinggi diberikan setelah benih berumur 1 minggu di dalam kolam pendederan.  Pakan diberikan dengan frekuensi 2 kali satu hari yaitu pagi dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan secukupnya tidak perlu banyak, karena pemberian pakan buatan ini bersifat tambahan.

Kualitas dan kuantitas pakan sangat penting dalam budidaya ikan mas, karena hanya dengan pakan yang baik ikan mas dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita inginkan. Kualitas pakan yang baik adalah pakan yanq mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral. Pakan diberikan 3-5 persen berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan mas yang dipelihara). Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung.

Mengelola Kualitas Air

Air media pemeliharaan benih ikan ikan mas perlu dijaga kualitasnya, sama seperti kualitas air media pemeliharaan larva ikan mas. Pengelolaan air di dalam kolam pendederan cukup hanya memasukkan air dengan debit kecil dengan diimbangi pengeluaran air yang kecil pula, sehingga terjadi keseimbangan dan volume air di dalam kolam pendederan tetap. Apabila debit air masuk tinggi maka pakan alami atau nutrisi air yang telah terbentuk akan larut, hanyut terbawa air, lama-kelamaan air kolam akan miskin hara atau pakan alami. Lagi pula apabila debit air tinggi maka benih ikan mas akan sering melakukan penyesuaian diri terhadap air tersebut, sedangkan untuk penyesuaian diri dibutuhkan energi. Sehingga benih ikan ikan mas akan lambat pertumbuhannya.

 

 Memanen Benih Ikan ikan mas

Setelah pendederan benih ikan ikan mas berumur  5 minggu maka benih ikan ikan mas perlu dipanen untuk dibesarkan. Pemanenan benih ikan mas sebaiknya dimulai pada pagi hari, sebelum matahari muncul. Karena pada saat itu suhu masih dingin dan stabil. Kini benih ikan ikan mas telah mencapai ukuran 5-8 cm, dengan berat 2.5 – 20 gram. Untuk memanen benih ikan ikan mas pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuka pintu air keluar, atur agar air keluar secara perlahan. Tetapi sebelumnya dipasang saringan terlebih dahulu agar benih ikan mas tidak ikut keluar terbawa air. Tutuplah pintu air masuk, usahakan tetap masih ada air yang masuk walau hanya sedikit. Pemanenan benih ikan dapat dilihat pada Gambar 19.

Setelah benih telah berkumpul di kemalir dan kobakan maka benih ikan kemudian ditangkap dengan menggunakan serok halus. Masukkan benih ke dalam wadah penampungan sementara. Lakukan penangkapan benih hingga benih ikan mas habis tidak tersisa lagi.

 

Ukuran benih ikan mas

Ada beberapa katagori ukuran benih ikan mas. Benih ikan mas yang biasa dipersiapkan untuk pembesarana adalah benih berukuran 5 – 8 cm atau 8.0 – 12 cm. Benih ikan mas ukuran tersebut biasanya didapat setelah periode Pendederan II.  makan waktu kira-kira 5 minggu lagi dari Pendederan I. Jadi benih ikan ikan mas kira-kira berumur 10 minggu dari ukuran larva ikan mas lepas (0.6 – 1.0 cm).

Perawatan larva ikan mas termasuk mudah untuk dipelajari. Jika sudah bisa membedakan mana indukan yang dipijahkan secara alami atau indukan yang hanya bisa dipijahkan secara buatan maka memilih usaha pem benih an merupakan pilihan yang tepat. Banyaknya pelatihan-pelatihan, buku-buku dan dan para ahli membuat kita bisa cepat belajar. Namun, bukan berarti tidak ada kelemahan pada cara budidaya ikan mas  ini, tetap ada kendala dan kesulitan yang akan kita hadapi. Karena kondisi lingkungan yang berbeda belum tentu keberhasilan yang kita dapat akan sama. Contohnya ketersediaan air alami dan suhu dalam penetasan. Oleh karena itu kita sesuaikan dengan kemampuan kita dan jika bisa kita mungkin akan menemukan cara yang berbeda sehingga kelemahan dan kendala yang kita hadapi dapat kita minimalisir. Banyak – banyaklah belajar dan bertanya pada pakar maupun peternak benih ikan mas yang sudah berpengalaman sebelumnya. Tidak ada salahnya kita mengikuti seminar yang biasanya diadakan oleh dinas setempat. Karena bisnis benih ikan mas ini tidak akan ada habisnya, masih banyak peternak yang kesulitan memenuhi permintaan pasar ikan  benih benih ikan mas yang membludak .

Semoga bermanfaat.

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>