menetaskan telur ikan mas yang baik

 

  

Matahari mulai muncul, biasanya ikan mas telah selesai memijah. Kondisi induk ikan mas setelah selesai memijah akan kelelahan kurang energi, sehingga apabila dibiarkan induk ikan campur dengan telur ikan maka telur ikan akan dimakan oleh induknya. Untuk mengatasi hal ini segera dipisahkan antara induk ikan mas dengan telurnya. Cara memisahkannya biasanya kakaban yang berisi telur dipindahkan ke dalam kolam penetasan telur yang sebelumnya telah dipersiapkan.

Langkah Menetaskan Telur Ikan

1.         Siapkan kolam penetasan, bersihkan dan keringkan.

2.         Airi kolam penetasan dengan kedalaman 40 cm.

3.         Angkat kakaban berisi telur dan cuci dengan cara menggoyang-goyangkan kakaban tersebut.

4.         Amati warna telurnya.

5.         Pindahkan kakaban yang berisi telur ke dalam kolam penetasan dengan kedalaman 10 cm. Usahakan kakaban tenggelam.

6.         Pasang aerator bila perlu. Aerator tidak perlu besar

 

Sebelum pemindahan telur kakaban yang berisi telur perlu dicuci dengan cara menggoyang-goyangkan kakaban tersebut pada air kolam pemijahan atau kolam penetasan. Tujuan dari pencucian telur ini agar telur terbebas dari tertempelnya kotoran yang ada dalam air baik lumpur maupun sampah, dll. Telur ikan tersebut telah terbuahi sehingga telah ada kehidupan didalamnya. Salah satu tanda–tanda kehidupan adalah adanya metabolisme, dengan demikian akan mengeluarkan sisa pembakaran. Sisa pembakaran tersebut dikeluarkan melalui pori-pori telur. Apabila pori-pori telur tesumbat oleh kotoran maka sisa pembakaran tidak akan keluar. Hal ini mengakibatkan perubahan kondisi di dalam telur tersebut.  pH dan zat lainnya akan berubah cenderung ke arah asam sehingga lama-kelamaan kehidupan di dalam telur akan mati. 

Proses perkembangan dan pertumbuhan embrio akan mencapai puncaknya ketika telur tersebut menetas. Menetasnya telur ini akibat desakan dari embrio itu sendiri dan dibantu oleh enzim chorionase untuk menghancurkan cangkang telurnya.  Segala proses akan dipercepat apabila suhu lingkungannya meningkat. Sehingga cepat lambatnya proses penetasan dipengaruhi oleh kondisi media penetasannya. Biasanya dibutuhkan waktu 18-36 jam untuk penetasan telur ikan mas.

Larva ikan setelah menetas dari telurnya masih dibekali cadangan makanan yang berupa kantong kuning telur atau egg yolk. Cadangan makanan ini cukup hingga 3 – 4 hari.  Jadi setelah  cadangan makanan habis maka benih ikan mas perlu diberi makanan tambahan baik berupa pakan alami atau emulsi kuning telur atau pakan berupa bubuk.

 Kakaban sekarang hanya tinggal cangkang telur. Untuk menghindari proses pengotoran air media sebaiknya kakaban segera diangkat. Pastikan telur telah menetas semua dan hati-hati cara mengangkat kakaban. Jangan sampai larva ikut terangkat bersama kakaban. Perawatan larva perlu ketekunan dan kehati-hatian. Pengaturan aerasi, penyiponan, penggantian air dibutuhkan kehati-hatian. Hal ini semata-mata untuk menstabilkan kualitas air media. Contoh apabila aerasi terlalu besar bisa mengakibatkan penyakit ”Gas Buble Disease”.

Peetasan telur ikan mas termasuk mudah untuk dipelajari. Jika sudah bisa membedakan mana indukan yang dipijahkan secara alami atau indukan yang hanya bisa dipijahkan secara buatan maka memilih usaha pem benih an merupakan pilihan yang tepat. Banyaknya pelatihan-pelatihan, buku-buku dan dan para ahli membuat kita bisa cepat belajar. Namun, bukan berarti tidak ada kelemahan pada cara budidaya ikan mas  ini, tetap ada kendala dan kesulitan yang akan kita hadapi. Karena kondisi lingkungan yang berbeda belum tentu keberhasilan yang kita dapat akan sama. Contohnya ketersediaan air alami dan suhu dalam penetasan. Oleh karena itu kita sesuaikan dengan kemampuan kita dan jika bisa kita mungkin akan menemukan cara yang berbeda sehingga kelemahan dan kendala yang kita hadapi dapat kita minimalisir. Banyak – banyaklah belajar dan bertanya pada pakar maupun peternak benih ikan mas yang sudah berpengalaman sebelumnya. Tidak ada salahnya kita mengikuti seminar yang biasanya diadakan oleh dinas setempat. Karena bisnis benih ikan mas ini tidak akan ada habisnya, masih banyak peternak yang kesulitan memenuhi permintaan pasar ikan  benih benih ikan mas yang membludak .

Semoga bermanfaat.

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>