pantai pasir panjang tual menyimpan keindahan bawah laut

Pantai Pasir Panjang Tual Menyimpan Keindahan Bawah Laut
 
 
Pantai pasir panjang merupakan salah satu obyek wisata pantai andalan Kabupaten Maluku Tenggara yang konon katanya terindah dunia dengan pasir putih yang sangat halus. Dalam bahasa Kei (Suku yang mendiami Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual) pantai ini dikenal dengan nama “Ngurbloat” yang artinya pasir panjang.
 
 Pantai Ngurbloat berjarak 17 km dari Langgur ibukota Kab Maluku Tenggara, dapat ditempuh sekitar 15 menit dari bandara Dumatubun ke arah barat, tepatnya terletak di desa Ngilngof. Pantai ini memiliki panjang 3 km yang membentang dari selatan ke arah utara dengan deretan pohon kelapa.
 
 
 
Keindahan Pantai Pasir Panjang Tual
 
 
 
Terumbu Karang di Perairan Pantai Pasir Panjang Tual
 
 
Selain pemandangan pantai yang indah, pasir panjang juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah indahnya, dengan ekosistem terumbu karang yang berjarak sekitar 500 meter dari pantai. Dalam rangka mengetahui dan mendokumentasikan kondisi ekosistem terumbu karang yang ada di Pasir Panjang, maka Stasiun Pengawasan SDKP Tual melaksanakan kegiatan Pemantauan Sumber daya kelautan, khususnya ekosistem terumbu karang yang ada di Pasir Panjang. 
 
Berdasarkan hasil pemantauan, kondisi terumbu karang di lokasi ini dikategorikan dalam kondisi Sedang, dimana persentase karang hidupnya sebesar 45 % yang didominasi oleh jenis karang bercabang dan karang massif (gambar), adapun persentase karang yang telah mati sebesar  3 %,  karang mati yang telah ditumbuhi alga sebesar 10 %, sedangkan persentase patahan karang sebesar 20 %, hal ini mengindikasikan bahwa pada lokasi ini pernah ada kegiatan pengeboman terumbu karang.
 
 
Sumber: Mukhtar, A.Pi. M.Si

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>