pemijahan ikan mas untuk menghasikan benih

 

Memelihara ikan mas itu mudah. Ikan mas banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, terutama yang memiliki perairan air tawar. Ikan mas enak rasanya apabila dimasak. Sehingga banyak sekali permintaan ikan mas berukuran konsumsi. Dikarenakan banyak permintaan maka kebutuhan benihpun menjadi besar. Demikian juga kebutuhan pakan ikannya pun menjadi besar pula. Sehingga terjadilah rangkaian bisnis spesies ikan mas ini menjadi besar.

Di Indonesia terdapat beberapa macam ikan mas. Masing-masing ikan mas mempunyai sifat dan karakter yang agak berbeda. Macam ikan mas tersebut adalah:

Majalaya

Punten

Sinyonya

Mas Merah

Karper Kancra

Kancra Domas

Kumpay

Kaca.

 

Memilij induk  ikan mas matang gonat

Tingkat kematangan gonad ikan sangat mempengaruhi keberhasilan pemijahan ikan. Walaupun saat ini telah banyak diketemukan hormon–hormon perangsang pertumbuhan dan pematangan gonad, namun tetap saja membutuhkan waktu dalam proses pertumbuhan dan pematangannya. Pada saat pemilihan induk ikan matang gonad usahakan induk ikan tidak stress. Jika induk ikan stress walaupun kematangan gonadnya sudah memenuhi, ikan tersebut biasanya tidak akan memijah. Masukkan ke dalam hapa induk betina.Biarkan hingga induk ikan bergerak normal kembali (tidak stress),karena Jika demikian keadaannya pemijahan ikan bisa tertunda atau malah tidak jadi memijah, yang akhirnya telur ikan akan terserap kembali atau atresia

Untuk mendeteksi kematangan gonad ikan bisa dilihat dari tanda-tanda morfologi dan fisiologi sel telur atau sel sperma. Tanda-tanda morfologis ikan matang gonad (gambar 10) adalah:

    Ikan betina : Gerakannya lamban, Perut gembung, Perut bila diraba terasa lunak,  Kulit kadang kelihatan memerah, Kadang-kadang telur telah keluar pada lubang genital,  Lubang genital memerah, Warna telur telah transparan.

    Ikan jantan     : Ikan lebih langsing dibanding ikan betina, Gerakannya lincah, Bila diurut kearah lubang genital cairan seperti susu akan keluar.

Memijahkan Ikan Mas

Pemijahan ikan mas dapat dilakukan dengan hanya  memanipulasi lingkungan, tanpa perlakuan perangsangan hormon. Persiapan kolam pemijahan yang telah dilakukan merupakan manipulasi lingkungan.   Kesiapan induk yang meliputi kematangan gonad, keseimbangan pasangan  juga merupakan kunci keberhasilan pemijahan ikan mas.

Pasangan ideal ikan mas adalah antara induk betina dan jantan berbanding 1 : 1 berdasarkan berat  tetapi disarankan  1 : 2 berdasarkan jumlah ikan sehingga apabila induk betina 2 ekor maka induk jantan 4 ekor. Perbandingan ini berhubungan dengan jumlah sperma yang diharapkan akan membuahi sel telur. Apabila jumlah sel sperma kurang dikhawatirkan akan mengakibatkan banyak telur yang tidak terbuahi sehingga telur akan mati (infertil). Tetapi kebalikannya fertilitasnya tinggi apabila jumlah sel sperma yang membuahi sel telur banyak dan terjadi pembuahan. Bisa dibayangkan proses pembuahan sel telur oleh sperma ikan terjadi di luar tubuhnya (external) sehingga gangguan oleh lingkungan sangat tinggi. Bagaimana sel sperma bisa mencapai sel telur perlu perjuangan yang kuat, lingkungan yang memadai dan adanya rangsangan dari sel telur itu sendiri.

Proses memijahnya ikan mas adalah bertahap tidak sekaligus sel telur itu keluar dari tubuhnya. Telur akan dikeluarkan menyebar seiring dengan kemana ikan itu berenang. Dengan demikian membutuhkan waktu.

 

Atas dasar hal itu maka disusunlah substrat kakaban itu berjajar dan berlapis dua. Saat ini muncul pula penggantian substrat baru apabila substrat yang lama telah penuh dengan telur

. Dengan usaha semacam ini diharapkan penyebaran telur merata, jumlah telur yang tertangkap pada kakaban lebih banyak sehingga  angka pembuahan akan  tinggi dan sebagai akibat terakhir derajat penetasanpun menjadi tinggi.

Ikan mas akan memijah menjelang fajar hingga muncul matahari. Saat itu suhu air relatif stabil sehingga kondisi perairan pun cukup stabil. Keadaan lingkungan juga hening, suara gemericik air semakin merangsang ikan untuk memijah. Memang bagaimanapun lingkungan akan sangat mempengaruhi kemauan ikan mas untuk memijah.

 

Pemijshsnikan bawal termasuk mudah untuk dipelajari. Jika sudah bisa membedakan mana indukan yang dipijahkan secara alami atau indukan yang hanya bisa dipijahkan secara buatan maka memilih usaha pem benih an merupakan pilihan yang tepat. Banyaknya pelatihan-pelatihan, buku-buku dan dan para ahli membuat kita bisa cepat belajar. Namun, bukan berarti tidak ada kelemahan pada cara budidaya benih ikan mas ini, tetap ada kendala dan kesulitan yang akan kita hadapi. Karena kondisi lingkungan yang berbeda belum tentu keberhasilan yang kita dapat akan sama. Contohnya ketersediaan air alami dan intensitas cahaya matahari yang menyinari kolam. Oleh karena itu kita sesuaikan dengan kemampuan kita dan jika bisa kita mungkin akan menemukan cara yang berbeda sehingga kelemahan dan kendala yang kita hadapi dapat kita minimalisir. Banyak – banyaklah belajar dan bertanya pada pakar maupun peternak benih ikan mas yang sudah berpengalaman sebelumnya. Tidak ada salahnya kita mengikuti seminar yang biasanya diadakan oleh dinas setempat. Karena bisnis benih ikan mas  ini tidak akan ada habisnya, masih banyak peternak yang kesulitan memenuhi permintaan pasar ikan  benih ikan mas yang membludak .

Semoga bermanfaat.

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>