pemilihan benih lele dan cara penebaran bibit

 

Pemilihan dan Penebaran Benih Lele

Pemilihan bibit lele yang bagus sehat dan seragam ukurannya  mutlak penting dalam budidaya pembesaran bibit lele

Teliti membeli bibit lele dan setidaknya memperhatikan kriteria bibit lele yang bagus. Pemilihan dapat di ketahui dengan kriteria bibit lele yang berkualitas sebagai berikut :

Bibit Ikan Lele Sehat, ditandai dengan cirri fisik :

  • Pergerakan ikan lele aktif
  • nafsu makan bagus
  • tidak bergerombol
  • tidak menggantung di tepi kolam
  • Sungut/kumis dan ekor ikan normal
  • Diperkuat dengan bentuk tubuh dari kepala sampai ekor proporsional
  • Kulit bibit ikan lele tampak cerah dan mengkilat

Secara fisik benih lele yang berkualitas memiliki ukuran tubuh yang proporsional (ukuran kepala dan tubuh seimbang), tidak cacat, tidak luka, sungut tidak pucat dan warna tubuh cerah dan mengkilap. Selain itu ciri benih lele yang sehat adalah gerakan aktif, lincah, tidak menggantung serta tidak bergerombol di pojok kolam.

Sebelum memilih dan melakukan penebaran benih alangkah baiknya kita mengetahui karakter ikan lele, mungkin beberapa sahabat ternak belum banyak yang mengetahui karakter dari bibit  ikan lele peliharannya.

1.bibit  Ikan Lele dapat/lebih cocok hidup dengan suhu lingkungan antara 20 derajat C – 28 derajat C.

2. Air kolam bibit ikan lele sebaiknya bukan air dari hasil limbah industri pabrik (yang bersifat kimia/anorganik).

3. bibit Ikan lele menyukai perairan yang tenang meskipun keruh dan sedikit kandungan oksigennya. Namun bila air mulai bau dan jenuh lalu terlihat bibit lele mengambang sebaiknya air segera diganti paling tidak 50%.

4. Permukaan kolam sebaiknya tidak tertutup, tetapi bisa juga dilakukan penutupan yang tujuannya untuk menjaga kestabilan suhu kolam dengan syarat sirkulasi udara dan cahaya matahari masih bisa masuk.

 

 

Bibit lele yang baik  akan menentukan keberhasilan budidaya lele

 

Pada tahap pemilihan bibit usahakan memilih bibit yang berkualitas, karena nantinya ini cukup berpengaruh pada keberhasilan bisnis lele kita. Logikanya para peternak lele jaman sekarang sudah pintar memilih jenis lele yang berkualitas, mereka juga paham selera konsumen mereka yang hanya mengambil bibit ikan lele yang hanya kualitas bagus. Dan lagi bibit lele kualitas bagus dikenal memiliki daya tahan dan kondisi fisik yang lebih baik dari bibit lele non kualitas. Jangan lupa untuk membeli bibit lele berkualitas dari penjual langganan  yang sudah terkenal kualitasnya dan sudah menjadi langganan pastinya. Mengenai bibit ikan lele yang direkomendasikan, anda  bisa memilih jenis bibit ikan lele sangkuriang  pyitn atau masamo yang merupakan perkembangan dari lele jumbo. Budidaya bibit ikan lele jenis sangkuriang lebih menguntungkan karena lebih cepat besar dan ukuran tubuh yang lebih berisi dari lele jumbo sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih bersaing.

Pastikan benih lele yang sudah kita beli dan siap ditebar benar-benar sehat, gerakannya lincah gesit normal, tidak ada luka atau cacat pada tubuhnya, dan tidak ada penyakit atau jamur. Untuk kelas bisnis dan budidaya hindari membeli benih yang terlalu kecil karena selain kualitasnya sulit diidentifikasi, daya tahan bibit lele yang terlalu kecil masih angin-anginan. Standardnya ambil bibitan lele dengan ukuran 5-7cm, dalam waktu 3 bulan dengan perawatan yang normal akan didapatkan ikan lele ukuran konsumsi.

Penebaran dilakukan secara bertahap, ketika wadah pembungkus datang usahakan langsung rendam di kolam minimal 1 jam agar bibit lele menyesuaikan suhu air di kolam sehingga nantinya ketika ditebar tidak kaget. Jika sudah siap, bibitan lele siap ditebar dengan takaran 200-400 ekor untuk per meter perseginya dengan kondisi kedalaman kolam 1-1,5 meter.

demikian cara memilih benih lele yang berkwalitas.

semoga bermanfaat

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>