prospek budidaya benih ikan lele di gorontalo

 

PROSPEK BENIH IKAN LELE DI GORONTALO

Konsumsi masyarakat di gorontalo terhadap ikan air tawar cukup tinggi, terutama pada jenis ikan lele,tingginya kebutuhan masyarakat di gorontalo akan komsumsi ikan lele tersebut merupakan potensi yang belum tergarap oleh peternak lokal./ petani ikan lele di gorontalo.
Saat ini benih ikan lele yang di budidayakan di gorontalo masih banyak di suplai dari luar propinsi gorontalo. terutama dari Pulau jawa. selain mudah pasokannya peternak dari Jawa mampu menjual benih ikan  lele dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang baik. saat ini ikan lele merupakan salah satu primadona di masyarakat gorontalo , guna memenuhi tingginya permintaan masyarakat gorontalo akan komsumsi ikan lele maka  produksi budidaya ikan lele terus ditingkatkan.selain membantu meningkatkan produksi ikan lele di gorontalo,budidaya ikan lele juga meningkatkan nilai tambah bagi keluarga.

 

Dengan keunggulan mudah dibudidayakan serta harganya relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat budidaya benih ikan lele merupakan  prospek usaha beternak yang  sangat layak untuk dicoba. Agribisnis Lele adalah suatu kegiatan usaha/bisnis yang berkaitan dengan ikan lele sebagai komoditas utamanya. Bisnis lele sekarang ini tengah marak dan bekembang pesat. Bisnis lelel ini meliputi bisnis benih, pembesaran, maupun bisnis pascapanen sebut saja warung pecel lelel yang telah menjamur di seluruh wilayah. Pasar utama ikan lele adalah warung lesehan dan pecel lele, disamping itu lele segar ataupun aneka olahan ikan lelel mulai banyak dijumpai di restoran, supermarket dan industri olahan.Dengan demikian, prospek usaha / bisnis lele ke depan masih cukup menjanjikan yang ditunjukkan dengan permintaan dan harga lelel yang setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan.

 

 

Selain permintaan ikan lele segar untuk konsumsi, usaha pembenihan dan pembesaran lele, usaha lele di bidang pemancingan juga masih sangat berprospek. Satu hal yang sedang menjamur adalah produk olahan dengan bahan baku ikan lelel, seperti abon lele serta kerupuk lele. Minat masyarakat atas hasil olahan inipun cukup baik.

 

Prospek ikan lele ini sebenarnya tidak hanya terbatas pada pasar lokal saja. Lele memiliki peluang masuk ke pasar internasional / ekspor karena tekstur daging, ukuran serta kuantitasnya sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan komoditas ekspor ke mancanegara. Lele  memiliki tekstur yang sangat baik yaitu tergolong dalam kelompok white meat dan tidak berserat. Daging lele juga tidak memiliki duri halus pada bagian utamanya sehingga dapat diolah menjadi fillet segar dan beku.

Memilih bisnis ternyata tidak menjadi modal sesuatu yang besar. Banyak peluang besar Anda bisa mendapatkannya dari sesuatu yang tampak contoh sepele budidaya ikan lele. Ikan berkumis masih dipandang sebelah mata oleh pebisnis.

Bahkan, ketentuan yang dijanjikan cukup besar. Gerai supermarket besar tenda di kios-kios pinggir jalan membutuhkan pasokan lele dalam jumlah besar secara teratur.

Lele adalah salah satu macam ikan tawar yang sudah dibudidayakan secara menyeluruh dan komersial oleh masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa

Pembuatan kolam terpal atau semen dapat dilakukan di pekarangan ataupun di halaman rumah. lahan yang digunakan berupa lahan yang belum dimanfaatkan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>