prospek budidaya benih nila dan ikan mas di manokwari

Ikan mujair  dan ikan mas yang selama ini dijual di warung-warung makan di Manokwari bukanlah hasil produksi para pengusaha ikan di Manokwari, tapi didatangkan dari luar daerah Papua.budidaya benih nila dan benih ikan mas perlu pemanfaatan potensi dan peningkatan skill masyarakat. Sebab masih banyak lahan-lahan nganggur disekeliling di Manokwari.

di Manokwari, cukup banyak air yang mengalir bebas disungai, hal itu dapat dimanfaatkan warga untuk membuat kolam ikan untuk budidaya benih nila maupun benih ikan mas. potensi melimpah di manokwari tersebut belum banyak di manfaatkan oleh warga sekitar di manokwari.

 

budidaya ikan air tawar di manokwari kebanyakan ikan nila dan ikan mas karena jenis ikan tersebut berprospek sangat baik di manokwari

 

Berikut sekilas tipe-tipe cara budidaya dan analisis finansial benih nila dan bibit ikan mas tersebut: 

 

IKAN MAS



 secara umum komersialisasi budidaya ikan dibagi dua segmen, yaitu pembibitan dan pembesaran. Termasuk dalam budidaya ikan mas. Proses pembibitan ikan mas, diluar persiapan indukan memakan waktu 5-7 hari hingga dihasilkan larva. Kemudian larva dibesarkan sampai larva tersebut berukuran 5 cm atau bobot sekitar 2,5 gram . Tahap tersebut membutuhkan waktu kira-kira satu bulan. 



Kemudian ikan dijual kepada peternak pembesaran. Pembesaran untuk ikan mas ada dua segmen yaitu, dari bibit berukuran 2,5 gram menjadi ikan ukuran 50 gram. Waktu yang dibutuhkan satu bulan. Kemudian pembesaran untuk konsumsi, yaitu dari ukuran 50 gram atau 20 ekor per kg menjadi 4 ekor per kg. Untuk tahap ini membutuhkan waktu 3 bulan.

IKAN NILA

usaha budidaya ikan nila cocok dilakukan di daerah yang memiliki sumber air yang bersih. Ikan nila merupakan ikan yang mudah dipelihara dan gangguan hama dan penyakitnya tidak begitu banyak. Pembibitan nila cukup mudah. Dari sepasang indukan bisa dihasilkan 250-1000 butir telur. Telur tersebut akan menetas menjadi larva 10-13 hari dalam mulut si induk hingga siap didederkan untuk pembesaran. Waktu persiapan dari telur hingga menjadi benih pembesaran berukuran 5-8 cm atau 5 gram, diperlukan waktu 60 hari.



Pembesaran ikan nila sangat cepat, untuk jenis nila gift bisa tumbuh 4,1 gram per hari. Nila jantan dan betina memiliki kemampuan tumbuh yang berbeda. Jantan tumbuh 40 persen lebih cepat dibanding betina. Bila sudah mencapai 200 gram, pertumbuhan nila betina melambat drastis, sedangkan jantan tetap tumbuh. Namun jangan khawatir, saat ini sudah ada teknologi jantanisasi. Dengan teknik tertentu semua nila bisa diubah menjadi jantan. Nila GIFT dikonsumsi pada ukuran 5 ekor per kg, dibutuhkan waktu 4 bulan untuk membesarkan nila di kolam air tawar

MENYEDIAKAN BENIH IKAN AIR TAWAR

Airport Manokwari adalah salah satu dari sekian banyak tujuan pengiriman benih ikan  dari kami,Saat ini kami belum bisa mengirim benih ikan ke alamat rumah atau daerah pelosok di sekitar wilayah manokwari,pengiriman port to port artinya pembeli harus mengambil benih ikan di bandara manokwari.benih ikan yang kami kirim sudah ter uji dari dinas karantina serta di lengkapi dengan dokumen dari dinas karantina .

benih ikan yang kami sediakan untuk di kirim ke airport manokwari  selain benih nila dari berbagai jenis unggul seperti  benih nila monosek,gesit,salin,gift,nila merah atau hitam super ,larasati maupun nil nirwana dan ikan mas ikan mas atau ikan karper juga menyediakan bibit lele,graskap,gurami,patin,arwana,koi,sidat,bawal dan segala macam benih ikan air tawar.

CARA PEMESANAN

  • Pemesanan bibit ikan nila atau ikan mas bisa dilakukan melalui telepon, sms atau email atau langsung melalui contact form di website ini. Pastikan data yang anda berikan valid, demi kelancaran komunikasi dan pengiriman.
  • Kami hanya melayani pembelian secara tunai/via transfer Bank. Jika melalui transfer Bank, yang Anda lalukan adalah melakukan pembayaran ke rekening kami. Begitu dananya telah masuk atau bukti transfernya telah kami terima, kami akan memproses  bibit ikan ke alamat Anda

 

Apabila ada yang kurang jelas dengan informasi di atas dapat menghubungi kami via telepon/sms di 081328030055.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>