provil tambak udang di seram maluku tengah

PROFIL TAMBAK UDANG DI SERAM UTARA
KAB. MALUKU TENGAH PROVINSI MALUKU
 
Tambak Udang yang beroperasi di Seram Utara terdapat di dua (2) tempat yaitu Dusun Arara desa Wahai dan Di Desa Pasahari kecamatan Seram Utara. Adapun perjalanan yang dapat ditempuh menuju ke tambak tersebut dengan menggunakan pesawat ke bandara wahai atau menggunakan kendaraan roda empat (4) dari Ambon ,aupun dari kota Masohi. Perjalanan dengan menggunakan pesawat dari Ambon ditempuh selama ± 45 menit kalau kendaraan roda empat ditempuh 4 – 6 jam dari Ambon ke Daerah Saka baru dilanjutkan dengan menggunakan Speed boat ke Arara selama 1 jam sendangkan ke Pasahari ditempuh selama 2 jam.
 
Seandainya menggunakan pesawat maka ke tambak Pasahari ditempuh ± 20 menit ke arah Timur sedangkan ke Unit perbenihan Udangnya yang berada di Tanah Abang ditempuh selama ± 30 menit arah ke Barat.
 
Adapun luasan area perbenihan Udang yang berada di Tanah Abang ± 1.5 ha sedangkan luasan area tambak udang yang berada di desa Pasahari ± 500 ha kalau Tambak udang di dusun Arara jika di tambah dengan unit prosesing maka luasannya mencapai 1000 ha lebih.
 
Sejarah singkat tambak udang yang berada di Seram Utara awalnya merupakan perusahan di bawah naungan PT Djayanti Group dengan kantor pusat berada di Jakarta Pusat tepatnya di daerah Tanah Abang. Pada awalnya tambak udang ini membudidayakan komuditas Udang Windu sekarang komuditas yang dibudidayakan adalah udang Windu dan udang Vaname, dengan sistim intensif.
sumber kkp.go.id

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>