ragam alternatif untuk pakan ikan gurami bawal lele

 

Pakan alternatif Adalah solusi praktis dimana kegagalan terbesar dalam budidaya ikan adalah karena serapan biaya  pakan pabrikan saat ini sudah tidak sesuai dengan harga  jual ikan ditingkat peternak.

Banyak ragam pakan alaternatif dalam budidaya pembesaran yang ‘’cukup’ membantu peternak untu meminimalisir biaya pakan.

Pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam budidaya semua jenis  ikan antaranya lele gurami bawal nila ikan mas ikan patin dan ikan graskap. Ada banyak sekali merek dan ragam pakan di pasaran. Pakan ikan  yang baik adalah pakan yang menawarkan Food Convertion Ratio (FCR) lebih kecil dari satu. FCR adalah rasio jumlah pakan berbanding bertumbuhan daging. Semakin kecil nilai FCR, semakin baik kualitas pakan. Untuk mencapai hasil maksimal dengan biaya yang minimal, terapkan pemberian pakan utama dan pakan tambahan secara berimbang. Bila pakan pabrik terasa mahal, silahkan coba menggunakan pakan alternatif.

 

Pakan alternatif untuk ikan

 

Pakan yang baik harus mengandung nutrisi yang diperlukan oleh ikan . Sebagai ikan karnivora, pakan ikan harus banyak mengandung protein hewani. Secara umum kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan  adalah protein (minimal 30%), lemak (4-16%), karbohidrat (15-20%), vitamin dan mineral. Berbagai pelet yang dijual dipasaran rata-rata sudah dilengkapi dengan keterangan kandungan nutrisi. Apabila pakan dirasa terlalu mahal kita juga bisa membuat pakan alternatif.

 

Pakan harus diberikan sesuai dengan kebutuhan. Secara umum setiap harinya ikan memerlukan pakan 3-6% dari bobot tubuhnya. Cara pemberiannya berdasarkan bobot ikan setiap 10 hari. Misalnya, ikan dengan bobot 50 gram memerlukan pakan sebanyak 2,5 gram (5% bobot tubuh) per ekor. Kemudian setiap 10 hari ambil samplingnya, lalu timbang dan sesuaikan lagi jumlah pakan yang diberikan. Dua minggu menjelang panen, persentase pemberian pakan dikurangi menjadi 3% dari bobot tubuh.

Dibawah ini kami memperkenalkan  beberapa pakan alternatif yang bisa dibuat sendiri, dicari dialam bebas atau dibuat dengan cara yang mudah dengan  menggunakan alat-alat yang sederhana dan prakiraan persentase jumlah pakan yang bisa diperoleh.

Methoda Pemberian pakan dibawah ini adalah hasil penelusuran penulis di  : Medan, bondowoso, tanjung pinang, bandung, bekasi, kerawang, pekalongan, jember, sukabumi, tangerang, banyuwangi, gresik, banjarmasin, palu dan gorontalo.

 

Tujuan pokok pembuatan pakan alternatif untuk ikan mengingat :

Harga pakan pabrikan yang mahal

Harga ikan sangat murah ditingkat peternak

 

Mengenal berbagai Pakan Alternatif

 

-Ikan rucah

-lemuru

-tongkol

- Bekicot/keong

- Cacing lubricuus

- Belalang

- Belatung/maggot

- Limbah ikan dipasar

- Ulat

- Usus ayam

- Fermentasi azola

- Sosis/nugget

- Kroto

- Limbah restoran

 

Banyak lagi makanan alternatif untuk ikan yang bisa kita buat tapi jangan berikan ikan yang sudah diawetkan seperti  ikan asin yang  mengandung formalin. Dan untuk pakan tertentudan jenis ikan syarat mutlak penggunaan campuran lorotan/limbah restoran ini adalah kolam dengan air mengalir. Jika air tidak mengalir ikan nila bisa mati semua. Ini disebabkan karena adanya lapisan minyak yang timbul dari lorotan. Bila air kolam mengalir, lapisan minyak ini akan hilang dari permukaan air. Apabila air menggenang, minyak bisa saja menyangkut di insang sehingga ikan mati.

Tentu saja pakan alternatif ini bukan variabel utama untuk sukses berbudidaya ikan.

Bahan makanan alternatif ikan tersebut bisa kita cari di lingkungan sekitar dengan memilih mana yang mudah di dapat cocok untuk ikan yang di budidayakan.

Demikian pembahasan tentang altenatif pakan ikan selain pelet semoga  dapat menjadikan inspirasi buat kita untuk memanfaatkan limbah di sekitar kita untuk pakan alternatif ikan lele ikan gurami ikan nila ikan patin ikan bawal ikan koan sehingga pem budidaya benih dapat untung lebih banyak

 

Semoga bermanfaat

Leave a reply

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>