supleman herbal untuk benih gurami

PEMBERIAN SUPLEMEN ALAMI UNTUK BENIH IKAN GURAMI
 
apa itu suplemen?
suplemen dengan kata lain vitamin ini ber tujuan agar benih ikan gurami sehat tidak gampang terkena serangan penyakit,lahap makan dan dapat tumbuh dengan cepat.
Dengan mengetahui peran maupun fungsi pakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan, maka keberhasilan budidaya ikan dapat dicapai secara optimal. Pakan ikan berkualitas akan meningkatkan kesehatan serta mempercepat pertumbuhan, sehingga produksi budidaya ikan akan lebih meningkat dan sudah barang tentu keuntungan yang didapat juga lebih tinggi.
 
Suplemen  untuk  ikan merupakan hal yang perlu di ketahui bagi pembudiya benih ikan gurami, karena dalam pemeliharaan ikan ini ada 2 hal yang perlu dijaga yaitu, makanan yang berkualitas serta ekosistem kolam yang harus baik. sisa pakan dan kotoran serta faeces oelh bakteri tertentu dapat diubah menjadi gas  ammoniak, H2S dan gas methan, dimana kehadiran gas-gas ini didalam kolam bisa meracuni kolam dan menghambat pertumbuhan          ( inhitoring factor) sehingga benih ikan gurami menjadi sulit tumbuh,dengan adanya suplemen untuk ikan gurami ini maka inhitoring factor ini akan ditekan. 
 
Agar pakan buatan yang diberikan dapat mendukung serta mengoptimalkan perkembangan maupun pertumbuhan ikan budidaya, sebaiknya pembuatan pakan ini harus berorientasi menghasilkan pakan ikan gurami yang berkualitas, yaitu pakan yang disukai, mudah dicerna, serta dapat memenuhi standar kebutuhan nutrisi ikan. Untuk menghasilkan pakan ikan gurami yang berkualitas tersebut perlu ada tambahan untuk suplemen benih ikan gurami.
 
Kebutuhan suplemen atau nutrisi ikan gurami secara alami sudah tersedia, baik di kolam maupun di perairan lain. Pada usaha budidaya ikan secara tradisional, kebutuhan suplemen / nutrisi ikan dapat dipenuhi oleh pakan alami dari kolam itu sendiri. Akan tetapi pada skala usaha agribisnis budidaya ikan secara intensif, ketersediaan pakan alami tersebut sudah tidak mampu lagi menopang pertumbuhan maupun perkembangan ikan secara optimal, mengingat kepadatan populasi pemeliharaan ikan sangat tinggi.
 
PEMBERIAN SUPLEMEN / NUTRISI
 
Sama seperti pada usaha pembenihan, usaha pembesaran ikan gurami juga memerlukan suplemen untuk meningkatkan selera makan ikan gurami serta agar benih ikan gurami tidak mudah terserang penyakit.
 
Suplemen herbal atau nutrisi alami yang mudah di temukan yaitu.
  • Gula
  • Susu
  • Madu
 
 Bahan  gula, susu, atau madu sebagai supleman / nutrisi alami  dengan cara dicampurkan dengan pelet. Takarannya, sama dengan suplemen yang diberikan pada pakan benih, yaitu:
1 sdm gula, 1 sdm madu, atau susu kental manis untuk 1 kg pelet.
Untuk satu kali masa produksi ikan konsumsi dari 3.000 ekor benih yang setara 1 ton ikan gurami , susu yang terpakai hanya dua kaleng. Sementara itu, madu sebanyak 1 botol dan gula pasir hanya butuh 1,5kg. pemberian suplemen harus diselang-seling, kadang diberi kadang tidak.tergantung pada Anda. Jika Anda ingin cepat, suplemen harus diberikan setiap hari.
 
Semoga bermanfaat
 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>