teknik mudah buat kolam terpal dinding tanah

sekarang kolam terpal sudah menjadi alternatif untuk budidaya ikan,kolam terpal bisa digunakan dilahan sempit atau luas,banyak pembudidaya ikan maupun yang ingin memanfaatkan pekarangan samping rumah atau lahan kosong menggunakan kolam terpal hal ini karena kolam terpal selain harga murah juga sangan fleksibel bisa menyesuaikan lahan yang terbatas

Kolam terpal dengan dinding tanah adalah kolam terpal di bawah permukaan tanah. Biasanya kolam terpal ini dibangun pada tanah yang porous. Kelebihan kolam terpal di bawah permukaan tanah adalah suhu air lebih stabil diban¬ding kolam terpal yang dibangun di atas permukaan tanah. Membangun kolam terpal dengan dinding tanah pun cukup mudah.

 

bagi yang usaha budidaya benih ikan di kolam terpal hanya untuk mengisi waktu luang atau untuk usaha sampingan lebih baik  Benih yang digunakan untuk kegiatan pembesaran, harus dipilih benih yang telah mencapai ukuran panjang 5-7,karena ukuran benih yang agak besar akan mudah dalam perawatannya.Padat penebaran di kolam terpal antara 50-70 ekor/m2.

Urutan-urutan pembuatan kolam terpal dengan dinding tanah sebagai berikut.

  • Jika ingin membuat kolam terpal 6 x 4 m, maka dilakukan penggalian tanah seda¬lam 50-60 cm. Rapikan galian dan bentuk pematang.
  • Jika kolam sudah terbentuk, maka plastik terpal ukuran 8 x 6 m siap dipasang. Pasang terpal hingga merapat ke tepi. Bagian atas terpal dapat dijepit atau ditimbun dengan tanah agar tidak terkulai.
  •  Selanjutnya pasang pipa paralon atau pipa PVC dan siap diisi air.
  • Untuk mencegah kolam dari banjir ketika terjadi hujan deras, dibuat tanggul penahan yang tinggi.

Sebelum digunakan, kolam terpal harus disiapkan, terutama membentuk kestabilan air di kolam. Setelah kolam selesai dibuat, bilas terlebih dahulu untuk menghilangkan segala kotoran yang melekat pada terpal. Masukkan air ke dalam kolam hingga sesuai kebutuhan.

Kemudian kolam ditutup dan dibiarkan selama 2-3 hari. Untuk menjaga sterilitas, kolam terpal dapat diberi per¬lakuan tradisional berupa memberi tumpukan daun pepaya atau daun ketepeng (Cassia alata) yang dibiarkan selama 5-7 hari. Daun pepaya berfungsi sebagai antiseptik. Selanjutnya benih bawal siap ditebar.

Selama kegiatan pemeliharaan ikan,kolam harus dijaga ke-bersihannya sehingga tidak menjadi sarang penyakit. Sisa pakan dan kotoran ikan di dasar kolam terpal secara rutin dibersihkan dengan melakukan penyiponan tiap 15-20 hari sekali. Dengan melakukan penyiponan secara rutin, dasar kolam tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi ikan.

demikian cara mudah untuk buat kolam terpal.

semoga bermanfaat

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>