Pemkot Balikpapan Siapkan Zonasi Budidaya Perikanan

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id – Pemerintah Kota Balikpapan segera membuat  zonasi terutama di wilayah -wilayah pesisir untuk mengatur kawasan budidaya perikanan seiring ditetapkannya Kecamatan  Balikpapan timur dalam RTRW sebagai kawasan minapolitan.

Kepala Dinas Periknan Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan Chaidar Chairulsyah mengatakan zonasi ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menaikan pendapatan bagai para nelayan yang menggantungkan hidup dari budidaya perikanan.
   
Sementara bagi nelayan tangkap, pihaknya juga akan mencoba mencarikan jalan lainnya bagaimana agar mereka yang menggantungkan hidupnya pada hasil laut benar-benar mampu mensejahterakan keluarganya.

"Kita ini daerah pantai dan ada daerah pantai psti ada nelayan kita memeiah bahwa perikana itu ada dua perikanan tangkap dan perikanan budidaya yang ke arah budidaya bahwa melalaui zonasi nanti kita mengatur ruang pesisir bagaiamana ruang pesisir itu untuk perikanan," katanya.

Pembantukan kawasan minapolitan sendiri kata Chaidar, salah satu tujuannya bagaimana masyarakat yang tinggal di daerah tersebut punya kemampuan secara finansial dan mampu berkembang dengan usaha yang di jalaninya.

[Sumber : tribunkaltim.co.id]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>